Review Singkat Chevrolet Spark

Perkembangan otomotif di Indonesia telah tumbuh secara drastis dari waktu ke waktu. Salah satunya berasal dari segmen city car yang targetnya lebih didominasi oleh orang-orang bebas yang ingin mengenal dunia 4 roda atau bagi mereka yang tidak ingin ribet dalam kemacetan. City car, atau yang lebih umum disebut armada roda empat, alasannya karena ukurannya yang kecil, dapat dikatakan sangat populer belakangan ini. Apalagi ketika ada lampu hijau pada produksi kendaraan roda empat LCGC sehingga berbagai jenis pabrikan sangat antusias memasuki segmen ini.

Untuk menanggapi tantangan pada saat itu setelah krisis moneter mereda dan rupiah solid, akibatnya, Chevrolet Spark pertama kali tiba pada tahun 2003. Unit yang diperkenalkan adalah rebadge dari kode M150 dengan membawa mesin 800cc. Lebih lanjut, Chevy Spark mengalami facelift total, instruksi casis berinkarnasi M200 dan kapasitas mesinnya membengkak menjadi 1.000 cc pada tahun 2006. Chevrolet Spark yang dijual hingga 2008 kemudian digantikan oleh All New Spark yang terkenal di Transformer: Revenge of the Fallen film yang dirilis pada tahun 2009 sebagai surat yang dijuluki Selip. Panjangnya rentang produksi membuat lebih banyak pesaing. Pesaing untuk model Spark lama termasuk Daihatsu Cheers, Suzuki Karimun Kotak, KIA Visto, Hyundai Atoz, dan Cherry QQ. Sedangkan game untuk facelift Spark adalah KIA Picanto Cosmo, Suzuki Karimun Estilo dan Hyundai Getz.

EKSTERIOR CHEVROLET SPARK

Hal baik yang menjadi poin menarik dari kendaraan roda empat ini adalah ukurannya yang sangat kompak dan dapat mengurangi kemacetan. Panjangnya hanya 3,5 meter. Bayangkan di kota besar semua pengguna jalan menggunakan kendaraan roda empat ini. Tentunya kemacetan sangat mudah diminimalisir. Alasannya, langkah pemerintah dalam mengatasi kemacetan lalu lintas dengan menunjukkan lampu hijau untuk mobil kota LCGC harus dihargai. Sayangnya, langkah ini agak kacau ketika Datsun GO Plus sampai pada alasan bahwa dimensinya lebih panjang. Ditambah kehadiran duo kalengan yaitu Daihatsu Sigra dan Toyota Calya diprediksi oleh beberapa pengamat otomotif akan mengalahkan rekor penjualan Toyota Avanza – Daihatsu Xenia.

Kembali ke topik, dimensi Spark mungil ini didukung oleh desain eksterior yang cukup ramah. Desain eksterior ini diciptakan oleh Italdesign Giugiaro, yang telah lama menjadi salib dan sangat berpengalaman dalam desain mobil. Terbukti, rekor penjualan Spark di seluruh dunia saat itu mencapai 1 juta unit dan menjadi penjual city car terbaik di benua Eropa. Lantas bagaimana dengan Indonesia? Penjualannya bisa dikatakan cukup banyak meski masih jauh di belakang Suzuki Karimun.

Pada bab selanjutnya, kendaraan roda empat ini mengadopsi lampu bundar dengan posisi terpisah dengan lampu sein. Lampu Mika telah menggunakan kristal, dan tentu saja lebih menarik daripada mika buram biasa. Pencahayaan di malam hari tercatat lebih baik dari mika biasa.

Untuk bab samping, terlihat detail bahwa ukuran beling yang digunakan cukup besar. Visibilitas ke luar lebih baik dari pada pesaing alasannya adalah bahwa Anda dapat melihat panorama saat bepergian dengan jelas. Potongan bodi belakang bulat, sangat jauh dari desain pesaing yang umumnya menggunakan desain kotak. Profil ban standar adalah 155/70 yang mencakup velg 13 inci. Cukup kecil tetapi membuat akselerasi cepat.

Beralih ke pantatnya, ukuran detail dari beling belakang juga cukup besar. Visibilitas pengemudi ke belakang cukup baik dan memudahkan kita untuk memarkir sedan mobil. Kehadiran penghapus juga merupakan poin plus di sini.

Ketika mengalami facelift pada tahun 2006, beberapa bab di sektor eksterior mengalami perubahan. Perbaikan dibuat dalam bentuk lampu depan dan lampu sein yang kini sudah menyatu. Perubahan lainnya adalah dalam bentuk kap dan model bumper yang telah direvisi total.

Karena tidak ada perubahan signifikan di sisi kiri dan kanan, cukup pindah ke bab belakang saja. Perubahan total adalah dalam bentuk stoplamp bulat dan juga ukuran beling belakang yang menjadi lebih sempit

INTERIOR CHEVROLET SPARK

Masuki kabin, pandangan pribadi pertama menuju bab dasbor. Desain yang ia adopsi sangat cocok untuk kelas city car saat itu. Dari bab atas ke bawah, ada pengaturan grid bulat AC, knob yang merupakan regulator AC lengkap, slot unit kepala dan kompartemen bagasi kecil. Semua pusat kontrol sangat mudah dijangkau oleh pengemudi.

Saat mengalami facelift, interior Chevy Spark juga berubah. Perubahannya cukup signifikan dan terlihat lebih modern dari versi sebelumnya. Perbedaan yang paling mencolok adalah instrumen kluster yang sekarang terpotong di tengah dashboard. Bagi sebagian orang, perubahan ini bukan alasan yang baik, pandangan pengemudi harus dibagi antara instrumen dan jalan. Selain itu, sakelar AC digerakkan ke bawah dan agak sulit saat disetel saat mengemudi. Untuk fitur standar, Chevrolet Spark lama dan facelift hanya minus cermin listrik, sehingga arah cermin harus diatur melalui tuas di bab dalam.

Secara keseluruhan, kendaraan roda empat ini dapat menampung 4 penumpang dengan usia yang nyaman, berkat hadirnya ruang kepala yang cukup luas. Namun, bagi Anda yang merupakan penumpang dalam garis belang jangan kaget jika lutut Anda bergesekan dengan pengemudi atau dingklik penumpang depan alasannya adalah karena ruang kaki yang tersedia sangat sempit. Idealnya, kendaraan roda empat ini hanya cocok untuk keluarga kecil atau orang yang cukup umur dalam perjalanan singkat.

PERFORMA CHEVROLET SPARK

Ketika pertama kali diperkenalkan ke publik, Chevrolet Spin hanya dijual dengan satu jenis mesin, yaitu S-TEC dari Daewoo dengan kapasitas 800cc yang hanya dapat menghasilkan 52 HP pada 6.000 RPM dan 69 Nm pada 4.600 RPM. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin 3 silinder segaris 6 katup memang relatif kecil, tetapi akselerasi yang bisa dicapai bisa dikatakan di atas rata-rata, berkat bobot bodi yang ringan dan penggunaan profil ban tipis.

Ketika facelift dilakukan, Chevrolet memutuskan untuk pensiun mesin 800cc yang digunakan sebelumnya dan sebagai hasilnya diganti dengan mesin yang lebih besar. Mesinnya adalah mesin 1,0 liter S-TEC atau 1.000 cc 4 silinder segaris dengan 8 katup. Daya maksimumnya adalah 65 HP pada 5.400 RPM dengan torsi puncak 91 Nm pada 4.200 RPM. Akselerasi dari putaran bawah ke tengah tentu jauh lebih baik daripada mesin 800cc. Selain itu, getaran mesin juga lebih minim.

PENANGANAN CHEVROLET SPARK

Kita semua tahu tahun berapa rasanya mengendarai kendaraan roda empat kecil. Di jalan raya, sering menjadi korban bullying alasannya dianggap sebagai kendaraan roda empat yang lemah. Tapi jangan pernah meremehkan, meski itu kecil tapi topspeed yang bisa dicapai bisa mencapai 150 km / jam dengan mudah.Hanya saja Anda harus memastikan semua komponen kaki pas. Apalagi kaki-kaki kendaraan roda empat ini dikenal rapuh.

Di belakang kakinya yang lemah, benda yang sangat menakjubkan disimpan. Membanting sangat nyaman. Ini berkat pengaturan suspensi lunak dan dapat menyerap berbagai jenis getaran pada permukaan aspal yang tidak rata. Satu hal yang perlu diingat, profil ban kendaraan roda empat relatif kecil dan bodi bawah terlalu dekat dengan permukaan aspal. Jika Anda menemui jalan berlubang, pastikan Anda tidak menabrak lubang secara pribadi alasannya adalah dapat merusak komponen dasar kendaraan roda empat yang menyerupai pipa mufler dan lainnya.

SPESIFIKASI CHEVROLET SPARK

  • Mesin S-TEC 0,8 liter (800cc); 1,0 liter S-TEC (1000cc)
  • Konfigurasi: 3 silinder segaris dengan 6 katup (800cc); 4 silinder segaris dengan 8 katup (1000cc)
  • Daya: 52 HP @ 6.000 RPM (800cc); 65 HP @ 5.400 RPM (1000cc)
  • Torsi: 69 Nm @ 4.600 RPM (800cc); 91 Nm @ 4.200 RPM (1000cc)
  • Bore x stroke: 68,5 mm x 72,0 mm (800cc); 68,5 mm x 67,5 mm (1000cc)
  • Rasio kompresi: 9.3: 1 (800cc); 9.3: 1 (1000cc)
  • Konsumsi bahan bakar: 12-14 km / L (dalam kota); 15-20 km / L (luar kota)
  • Transmisi: manual 5 kecepatan

KELEBIHAN CHEVROLET SPARK

  • Ruang kepala lega
  • Sangat ekonomis
  • Nyaman
  • Akselerasi cepat
  • Fitur di kelasnya cukup lengkap
  • Harga murah

Demikian ulasan lengkap mengenai review Chevrolet Spark. Bagi Anda yang mencari city car murah dengan kenyamanan ekstra, kendaraan roda empat ini adalah pilihan yang tepat.

Be the first to comment

Leave a Reply