Pro & Kontra Chevrolet Colorado

Jika melihat perkembangan segmentasi kendaraan roda empat, terutama di ibu kota besar, pertumbuhannya tergolong lamban dan bahkan sepi. Sebab, segmen ini memang dimaksudkan sebagai sosok pekerja keras sehingga banyak terlihat di banyak daerah terpencil yang diberkahi sumber daya alam. Jadi tidak mengherankan jika banyak ATPM berlomba untuk mengambil posisi sebagai pemimpin pasar alasannya adalah bahwa calon pembeli adalah perusahaan besar yang semakin berkembang dari waktu ke waktu.

Salah satu pabrikan yang mengisi segmen ini adalah Chevrolet melalui produknya yang bernama Colorado. Chevrolet Colorado pertama kali dirilis pada 5 November 2011 di Thailand bertepatan dengan ulang tahun Chevrolet ke-100. Untuk desain, kendaraan roda empat menggunakan basis yang sama dengan Chevrolet Trailblazer di segmen SUV. Hal yang sama berlaku antara Toyota Hilux dan Toyota Fortuner atau Mitsubishi Strada Triton dan Mitsubishi Pajero Sport.

Di pasar lokal, Chevrolet Colorado memiliki saudara kembar, yaitu Isuzu D-Max, yang juga merupakan saingan di segmen yang sama. Tentu saja, ini mengingatkan kita pada kerja sama antara Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia atau Mazda BT-50 Gen1 dan Gen2 Ford Ranger beberapa tahun yang lalu. Beberapa pesaing lain termasuk Mitsubishi Strada Triton, Toyota Hilux, Isuzu D-Max Gen2, Ford Ranger Gen3 (T6), Nissan Navara Gen2, dan juga Mazda BT-50 Pro. Memasuki masa facelift, kendaraan roda empat ini menerima rival besarnya yaitu Nissan Navara NP300, Mazda BT-50 Pro, dan All New Mitsubishi Triton.

EKSTRIOR CHEVROLET COROLADO

Dalam episode berikutnya, Chevrolet Colorado menggunakan desain yang menakutkan namun elegan dan aerodinamis dengan karakteristik Chevrolet yang khas, pemanggang port ganda yang dikelilingi oleh aksen krom (LTZ). Untuk utama, Chevrolet Colorado telah dilengkapi dengan sepasang proyektor berukuran besar yang semakin memperkuat desain sengitnya. Khusus untuk varian LTZ, lampu kabut berbentuk persegi digunakan sebagai fitur standar untuk membantu visibilitas pengemudi ketika kondisi pencahayaan tidak baik.

Selanjutnya adalah pola foto episode sisi dari versi kabin ganda Chevrolet Colorado. Ruang kabin yang disediakan lebih besar jika dibandingkan dengan varian kabin tambahan alias kabin tambahan. Tetapi area pool belakang untuk varian kabin yang diperluas jauh lebih panjang daripada varian kabin ganda. Karena jarak sumbu roda kedua varian sama, tidak ada bedanya. Dari sisi ini, tampilan Chevrolet Colorado terlihat sangat pintar, sedikit lekukan di area belakang antara kolam dan kabin membuatnya terlihat elegan.

Sedangkan untuk episode belakang, Cheverolet Colorado terlihat sangat tampan. Secara sekilas, hampir mirip dengan Toyota Hilux Gen2, alasannya karena lampu sketsa dan dimensi lampu berhenti hampir sama. Lantas bagaimana dengan daya dukung? Cukup bagus. Karena ukuran back pool relatif besar dibanding kompetitor lain sehingga bisa membuat banyak barang bawaan. Untuk melindungi gesekan terhadap area bak mandi, Chevrolet juga memberi Colorado setetes bed liner, lapisan yang terbuat dari bahan plastik hitam.

INTERIOR CHEVROLET COLORADO

Saatnya memasuki area interior. Kesannya tidak terlalu bagus, alasan dijual di Indonesia adalah versi ‘terjangkau’ dari unit yang tersebar di beberapa negara ASEAN. Ini bisa dilihat pada penggunaan head unit dengan fitur terbatas tanpa monitor LCD. Pegangan AC masih manual, tidak menerapkan kontrol iklim. Meski begitu, ini menawarkan nilai faktual bagi sebagian orang yang suka menjelajah area offroad, alasannya adalah perawatan komponen listrik lebih mudah dan murah. Bayangkan saja jika dia menggunakan bagian audio aftermarket yang mahal, pasti dalam jangka panjang akan rusak juga dan perlu perbaikan yang cukup untuk dibelanjakan juga.

Seperti yang terlihat pada foto kabin Chevrolet Colorado di atas, dapat dilihat bahwa seluruh area dashboard dibungkus dengan sketsa gelap. Sangat cocok untuk kendaraan roda empat yang bekerja keras alasannya jika sewaktu-waktu Anda memasuki kabin dalam keadaan kotor, noda kecil akan tersamar. Untuk desainnya sendiri tergolong minimalis, tidak ada kesan mewah yang ditonjolkan kecuali di area kemudi alasannya adalah fitur kontrol sakelar audio dan tombol penggantian sistem berupa pelopor model rotari, bukan tuas seperti lainnya. kendaraan offroad.

Jangan lupa juga jelajahi area kabin belakang. Memang, kabin ganda ini dapat mengangkut hingga lima penumpang dengan bantuan yang cukup. Tapi jangan berharap kenyamanan seperti SUV. Ini karena kursi belakang Colorado Chevrolet tidak dapat disesuaikan sama sekali sesuai dengan impian penumpang kecuali jika dilipat datar. Maklum, target pasar kabin ganda atau truk ringan ini memang bukan untuk penggunaan sehari-hari di kota.

PERFORMA DAN PERFORMA MESIN CHEVROLET COLORADO

Di sektor dapur pacu, kabin ganda dirakit di Thailand dilengkapi dengan dua pilihan mesin. Untuk varian drive 4×2, ia menggunakan mesin diesel dengan turbo intercooler dengan kapasitas 2,5 liter dan dapat menghasilkan daya maksimum hingga 150 HP pada rotasi 3.800 RPM dan torsi puncak 350 Nm pada 2.000 RPM dibantu oleh transmisi manual 5 kecepatan .

Selain itu, ada mesin diesel berkapasitas lebih besar yang juga mengandalkan intercooler turbo, mesin 2.8 liter Duramax. Daya maksimumnya adalah 180 HP pada 3.600 RPM dan torsi mencapai 470 Nm pada 2.000 RPM. Untuk varian mesin ini, dilengkapi dengan transmisi matic 6 percepatan. Seperti tipikal mesin diesel dengan teknologi injeksi CRDi, kedua mesin ini memiliki daya yang relatif kecil, tetapi dengan torsi badak, ini adalah kunci utama untuk melahap area offroad ringan hingga menengah.

Sudah waktunya untuk beralih ke sesi test drive. Saat berkendara di aspal kurang mulus, suspensi menawarkan tendangan yang tepat. Dalam arti bahwa itu tidak buruk dan tidak terlalu istimewa. Namun jika dibandingkan lawannya, suspensi Chevy Colorado tergolong sangat nyaman, alasan di balik episode tersebut tidak melambung-melambung seperti kabin ganda pada umumnya. Hanya saja, gejala body roll sering dirasakan saat melewati tikungan. Untuk penanganan juga, itu pas. Umpan balik atau respons dari power steering dengan tipe pinion rak yang dibawanya nyaman digunakan sehingga tidak bergetar hebat saat memasuki kecepatan tinggi. Khusus untuk varian 2,8 L, Chevrolet juga menyediakan fitur untuk stabilitas berkendara yang mirip dengan kontrol traksi, ESP, EBD ke Brake Assist

SPESIFIKASI CHEVROLET COLORADO

  • Mesin: Duramax Diesel 2,5 liter dan Duramax Diesel 2,8 liter.
  • Konfigurasi: keduanya DOHC 16-valve Turbo Intercooler CRDi.
  • Daya: 150 HP @ 3.800 RPM (2,5 L); 180 HP @ 3.600 RPM (2,8 L).
  • Torsi: 350 Nm @ 2.000 RPM (2,5 L); 470 Nm @ 2.000 RPM (2,8 L).
  • Konsumsi bahan bakar: 7-9 km / L (dalam kota); 10-12 km / L (luar kota).
  • Transmisi: manual 5 percepatan dan akselerasi Matic 6 (khusus 2,8 liter)

KELEBIHAN DARI CHEVROLET COLORADO

  • Model yang tampan.
  • Dimensi besar.
  • Torsi sangat berlimpah.
  • Mesin responsif.
  • Ada dua pilihan tipe mesin.
  • Kabin depan cukup luas.
  • Bak belakang besar.

Demikian ulasan lengkap mengenai review Chevrolet Colorado. Bagi Anda yang mendambakan double cabin dan ingin tampil beda, sebaiknya pertimbangkan untuk memilih kendaraan roda empat ini. Tetapi jika bengkel yang dapat menangani Chevrolet di kota Anda masih minim, lebih baik mempertimbangkan opsi lain.

Be the first to comment

Leave a Reply