Mengetahui Lebih Dalam, Chevrolet Colorado

Pada acara International Indonesia Motor Show , General Motors Indonesia (GMI) telah meluncurkan model pick-up kabin ganda terbaru, Chevrolet Colorado. Ada dua model yang ditawarkan untuk memenuhi target pasar yang berbeda. Yang pertama adalah Chevrolet Colorado LT, d-cab dengan penampilan sederhana yang ditujukan untuk komersial atau armada. Kemudian Colorado High Country Chevrolet dengan tampilan dan fitur yang lebih mewah, cocok untuk Anda penggemar hobi.

Selain itu, Chevrolet memiliki DNA SUV yang kuat sejak dulu. Pekerjaan mereka dalam menciptakan off-roader yang kuat tidak perlu ditanyakan lagi. Colorado Chevrolet terbaru sepertinya menjawab semua kekurangan yang ada pada model sebelumnya. Mulai dari performa mesin hingga fitur-fitur canggih yang ada, merupakan tantangan yang sangat serius di segmen sempit ini. Meski hanya dua varian yang dituangkan, tetap menjawab kebutuhan konsumen di kelas D-Cab. Mari kita cari tahu lebih banyak dalam dua varian Colorado ini.

Untuk kebutuhan bisnis, Colorado LT menawarkan ketangguhan di medan off-road. Desain dan kelengkapannya cukup sederhana, tidak sebanyak Colorado High Country. Itu bisa dilihat dari sebuah rel polos, non-atap, langkah samping, Daytime Running Light (DRL), nudge bar, aksen krom dan hanya pelek yang lebih kecil 16 inci. Sementara High Country terlihat macho dengan aksesori lengkap dan pelek 18 inci. Bahkan tampilan depannya sangat mirip dengan Trailblazer, sehingga sulit dibedakan.

Interior Colorado High Country mengingatkan pada kabin Trailblazer. Tentu saja tanpa bangku baris ketiga dan baris kedua tidak senyaman Trailblazer. Jok kulit dan setir memberi sentuhan mewah. Tepat di tengah dasbor, ia segera menampilkan sistem audio MyLink berukuran 8 inci yang terdiri dari banyak fitur menarik seperti konektivitas ponsel cerdas, mirroring layar, dan Mode Valet. Pengaturan posisi kursi pengemudi juga merupakan model listrik. Sama seperti Trailblazer, ada Remote Engine Start & Remote AC On yang berguna untuk menghidupkan mesin dan AC melalui remote sebelum pindah. Sama sekali tidak mencerminkan sebagai pick-up untuk mengangkut barang.

Fitur keselamatan canggih lainnya tidak luput dari adopsi oleh Colorado High Country. Sebut saja Lane Departure Warning, Forward Collision Alert, Hill Start Assist, Hill Descent Control, Kontrol Stabilitas Elektronik, Kontrol Traksi, dan bahkan Cruise Control. Jaga agar mobil ini nyaman dan aman di berbagai kondisi jalan. Tapi minusnya, tanpa peringatan lalu lintas lintas belakang dan fitur pemantauan zona samping. Colorado LT tidak memiliki semuanya tetapi memiliki Limited Slip Limited untuk membantu traksi yang lebih baik di medan ekstrem. Fitur keselamatan airbag ganda, airbag lutut, dan ABS / EBD / BA adalah standar dalam kedua varian ini.

Dalam hal kenyamanan suspensi juga merupakan salah satu fokus utama dalam proses pengembangan ini dengan peningkatan teknologi peredam, peningkatan perangkat keras, dan perubahan laju pegas sehingga memberikan penanganan terbaik.

Lanjutkan ke sektor penggerak. Colorado LT dan High Country ditenagai oleh mesin Duramax yang berbasis pada mesin VM Motori. VM Motori, produsen spesialis mesin diesel yang berbasis di Italia. Colorado menggunakan tipe R425 2.5 liter common rail dengan Fixed Geometry Turbocharger (FGT) dan intercooler. Tenaga yang dihasilkan 163 PS dan torsi 380 Nm dengan pilihan transmisi manual 6-percepatan saja.

Salah satu alasan untuk menggunakan FGT adalah karena segmen yang ditargetkan adalah armada. FGT lebih mudah dirawat daripada Turbo Variable Geometry (VGT). Selain itu, juga beradaptasi dengan kondisi bahan bakar di area tambang atau di perkebunan yang sering buruk. Justru mesin yang lebih sederhana bisa menjadi keunggulan dibandingkan mesin yang lebih canggih dan disukai oleh para pebisnis.

Berbeda dengan Colorado LT, tipe High Country ditenagai oleh common rail 2.8-liter Variable Geometry Turbocharger (VGT) dan intercooler yang lebih besar. Tenaga yang dihasilkan sebesar 200 PS dan torsi 500 Nm, adalah yang terbesar di antara D-Cab lainnya. Sebagai distributor roda, transmisi otomatis 6 percepatan dengan mode manual pada tuas.

Kemampuan mesin diesel terbaru di Colorado dan Trailblazer, semakin menekankan kemampuan untuk berhemat bahan bakar B20. Ya, mesin mereka siap menggunakan bahan bakar dengan kandungan nabati (biofuel) 20%.

Penggerak empat roda paruh waktu (4×4), mengatur model Shift on the Fly melalui tombol putar di belakang tuas transmisi. Artinya, pindah ke penggerak roda bisa dilakukan sambil berjalan dengan kecepatan tertentu. Mode adalah 2H, 4H dan 4L. Karena Colorado LT dikhususkan untuk pasar armada, rasio perayapan dan gigi akhir dibuat luar biasa untuk mendukung kemampuan off-road yang berat. Sementara High Country yang menggunakan transmisi otomatis, lebih bergantung pada torsi besar dan bantuan perangkat Hill Descent Control (HDC) atau Hill Start Assist (HSA).

Colorado adalah kendaraan yang dikenal sangat tangguh, jadi fokus kami untuk Colorado baru adalah membuatnya lebih mulus. Hingga saat ini, Colorado telah melewati lebih dari 360.000 km pengujian selama periode pengembangan dan pengujian. Pada saat yang sama, Colorado juga telah lulus tes simulasi dengan jarak sekitar 12 juta km.

Produk baru ini akan menarik lebih banyak pelanggan untuk datang dan menikmati Colorado baru yang memberikan kinerja terbaik untuk sektor industri dan penggemar off-road.

Foto : https://www.chevrolet.co.id/cars/colorado/model-overview.html

Be the first to comment

Leave a Reply