Fitur Tersembunyi Chevrolet Trax Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Chevrolet Trax memang datang dengan cara yang unik. Alih-alih bergulat di segmen crossover yang saat ini ramai, model ini hadir dengan caranya sendiri. Pertama, dari jumlah varian yang ditawarkan.

Tidak seperti model Crossover lain yang menyediakan lebih dari 3 varian untuk setiap model, Trax diimpor ke Indonesia oleh PT General Motors Indonesia hanya dalam dua varian, LT dan LTZ. Keduanya menggunakan pilihan tunggal, mesin turbo 1,4 liter dan hanya dipasangkan dengan transmisi otomatis.

Nah, perbedaan antara dua varian adalah fitur, misalnya, sunroof, headunit yang canggih, kamera parkir, dan banyak lagi. Kami juga punya waktu untuk menguji varian tertinggi secara komprehensif melalui sesi roadtest. Nah sebelum membahas lebih lanjut tentang mengemudi, kami pertama kali menghadirkan beberapa fitur tersembunyi dalam model Trax LTZ.

Berikut adalah fitur tersembunyi dari Trax.

KONTROL KETINGGIAN LAMPU

Fitur ini adalah salah satu ornamen penting yang dapat ditemukan di Chevrolet Trax. Fitur ini bertugas mengatur arah ketinggian lampu utama di Trax. Anda tentu telah berada dalam situasi yang berbeda di mana arah lampu harus disesuaikan, dengan fitur ini kita tidak perlu keluar dari mobil, buka kap mobil dan sesuaikan lampu secara manual karena ada sistem bermotor yang dapat disesuaikan dari kabin. Di Trax, ada 3 level ketinggian yang bisa disesuaikan tergantung kebutuhan pengguna.

SPION TENGAH AUTO DIMMING

Saat memasuki kabin Chevrolet Trax dan akan menyesuaikan kaca spion, jangan kaget jika tidak ada tuas dimmer spion. Ya, alasannya adalah kaca spion pusat Trax dilengkapi dengan cermin elektrokromatik yang akan membaca intensitas cahaya dari belakang melalui sensor cahaya. Setelah eksposur lampu dari kendaraan di belakang yang dianggap mengganggu, cermin akan meredupkan pantulan di cermin. Unik, tidak seperti fitur peredupan otomatis pada model lain, tidak ada tombol aktivasi pada Trax. Jadi fitur ini akan aktif kapan saja.

PEMANAS KABIN

Fitur ini sering ‘ditinggalkan’ dari mobil impor yang dijual di negara ini. Karena sistem pengatur suhu pada mobil yang memiliki 4 musim biasanya akan dibiarkan apa adanya hingga mencapai Indonesia. Salah satunya adalah Chevrolet Trax. Tapi jangan katakan fitur ini sama sekali tidak berguna. Saat berkendara ke dataran tinggi seperti Lembang, Dieng, Batu, fitur ini berguna untuk memasok suhu hangat di kabin.

PEMANAS SPION

Sekarang fitur yang satu ini mungkin terdengar aneh di telinga kita. Namun sebenarnya tidak sama. Karena seperti pemanas kabin, kaca spion juga biasanya tersedia. Fitur ini berguna untuk mencegah terjadinya kondensasi di kaca spion. Tentu kita tidak ingin mengemudi terganggu tetesan air pada kaca spion dan tidak memungkinkannya dibersihkan secara manual karena hujan terlalu deras. Fitur ini berguna untuk menghilangkan air dari kaca spion.

FOGLAMP BELAKANG

Ingat Vios generasi kedua? Ya, ada sepasang lampu di bagian bawah bumper yang sering menyala bersama dengan kabut belakang, meskipun sering disalahgunakan oleh pengguna karena tetap menyala meskipun tidak ada hujan atau kabut, yah, Chevrolet Trax punya foglamp tetapi dengan tombol aktivasi independen.

Fitur ini memungkinkan kami untuk memberikan pencahayaan yang lebih baik ke arah belakang mobil sehingga kendaraan di belakang dapat lebih waspada tentang posisi kendaraan kami ketika jarak pandang berkurang karena hujan atau kabut.

WIPER PARKIR

Wiper belakang di Chevrolet Trax memiliki fitur untuk aktivasi otomatis saat parkir. Seiring dengan kamera yang aktif, wiper akan menyapu air dan kotoran di kaca belakang untuk memastikan visibilitas yang optimal saat parkir.

LAMPU OTOMATIS

Fitur ini adalah salah satu fitur penting di Chevrolet Trax. Kadang ada kendaraan yang lupa menyalakan lampu utama ketika keluar dari tempat yang ramai. Nah, fitur ini bisa menjaga kendaraan Anda dengan pencahayaan paling optimal. Berdasarkan sensor cahaya di belakang cermin tengah, sistem akan membaca cahaya yang diterima oleh kaca dan mengaktifkan atau menonaktifkan cahaya sesuai dengan intensitas cahaya yang diterimanya.

ROOF RAIL

Ingin pulang dan membutuhkan ruang untuk membawa lebih banyak kargo dan memiliki atap kotak atau rak atap? Tidak perlu takut jika menggunakan Chevrolet Trax. Karena sudah memiliki pagar yang terintegrasi dengan atap. Jadi tidak perlu melakukan modifikasi pada atap untuk memasang kotak atap atau rak atap.

TRIPTONIK

Tuas transmisi otomatis Chevrolet Trax terlihat tanpa logo plus minus pada skrip yang terdapat pada indikator posisi transmisi. Karena biasanya keberadaan tanda plus minus di bagian itu adalah penunjuk kemampuan transmisi otomatis untuk bergerak secara manual. Trax sebenarnya menyediakan opsi tiptronik yang memungkinkan perpindahan gigi dengan perintah pengemudi. Caranya adalah dengan memindahkan tuas transmisi ke posisi M, lalu naik dan turun melalui tombol di kepala tuas transmisi.

TORSI BESAR

Mesin 1.4 liter, alias 1.364 cc, memang terlihat sangat kecil untuk crossover. Dibandingkan dengan merek lain yang menggunakan mesin 1,5 liter, 1,8 liter, dan bahkan 2,0 liter, Chevrolet Trax memang memiliki kapasitas terkecil. Tapi tunggu, daya yang ditawarkannya mencapai 140 tenaga kuda. Padahal, momen torsi atau putaran mesin mencapai 200 Nm, alias lebih tinggi dari mesin 1,8 liter milik Honda HR-V 1.8 sekalipun. Tenaga ini dimungkinkan berkat aplikasi turbocharged yang dapat memberikan torsi optimal sejak kecepatan rendah mulai dari 1.850 rpm

SIRI EYES

Ya, benar, sistem SIRI yang memungkinkan kita untuk mengontrol kontrol iPhone Smartphone ini juga dapat diakses melalui tombol di setir Chevrolet Trax. Melalui fitur SIRI Eyes Free kita mengontrol smartphone melalui suara dan mengaktifkannya dengan satu sentuhan di setir saja. Koneksi fitur ini dengan ponsel cerdas dapat dilakukan melalui bluetooth. Untuk mengaktifkannya, cukup tekan tombol Perintah Suara dan SIRI seolah-olah ada di kabin. Semua perintah melalui SIRI Eyes Free tidak akan mengaktifkan layar pada smartphone.

ELECTRONIC STABILITY CONTROL (ESC) & TRACTION CONTROL SYSTEM (TCS)

Terdapat satu tombol yang mengontrol keaktifan kedua sistem ini di kabin. Ya, tombol ini memang merupakan pintu utama untuk menonaktifkan stabilitas dan fitur traksi kendaraan. Jika ditekan sekali, TCS akan dinonaktifkan dan ditandai dengan penampilan logo TC pada panel instrumen. Dalam situasi ini, traksi roda tidak akan dibatasi oleh komputer dan roda dapat berputar secara maksimal dalam situasi macet. Setelah TC mati dan tombol ditekan lagi dalam 5 detik, logo ESC akan muncul di panel instrumen. Penggunaan sistem ESC dinonaktifkan untuk mengeksplorasi penanganan kendaraan hingga batas terliarnya. Pastikan berada di jalan yang aman jika ingin menguji kontrol tanpa ESC aktif.

Be the first to comment

Leave a Reply